6 Doa dan Amalan Sebelum Tidur & Sesudah Bangun Tidur

loading...
Doa dan amalan sebelum tidur & sesudah bangun tidur lengkap – Dikesempatan ini akan berbagai tentang bacaan doa sebelum dan setelah bangun tidur islam lengkap dalam bahasa arab, latin, dan terjemahan artinya menurut islam.  Seperti yang kita ketahui bahwa, berdoa sebelum maupun sesudah tidur ialah kegiatan yang ringan namun memiliki besar manfaat serta khasiat. Salah satunya yakni terhindar gangguan setan maupun Jin sehigga tidak akan menganggu.

Doa dan Amalan Sebelum Tidur & Sesudah Bangun Tidur
Apabila kita selalu membaca doa sebelum tidur, InsyaAllah segala macam ilmu ghoib tidak dapat mengganggu kita, karena Allah akan mengirimkan malaikat untuk menjaga kita hingga pagi tiba. Lalu bagaimana bacaan doa sesudah dan sebelum tidur ? Dibawah ialah doanya.

Doa Sebelum Tidur Lengkap
Dalam Artinya:

Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup serta dengan menyebut Nama-Mu aku mati. (HR  Muslim)

Doa Setelah Bangun Tidur Lengkap
Dalam Artinya:

Segala puji untuk Allah yang menghidupkan kami kembali, sesudah mematikan kami serta kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan.

Kedua doa diatas ialah hadits Nabi yang sudah diambil Riadust Shalihin.
Hudzaifah r.a. mengatakan :

Rasulullah saw apabila beliau ingin tidur terlebih dahulu membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu Ya Allah aku hidup serta mati), serta beliau apabila bangun tidur terlebih dahulu membaca yakni : Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji untuk Allah yang menghidupkan kami kembali susudah mematikan kami serta kepada Allah (kami) akan bangkit). (HR Muslim)

Doa diatas ialah bacaan yang dibaca selalu oleh beliau Rasullullah Saw. Maka sebagai umat muslim kita mencontoh beliau Rasulullah Saw.

Amalan Sebelum Tidur dari Baginda Rasulullah SAW

Saat Aisyah ra ingin tidur, Rasulullah Saw berkata pada Aisyah ra : Ya Aisyah !, janganlah engkau tidur sebelum engkau mengerjakan hal ini.

1. Pertama sebelum mampu menghatam Al Qur’an.

2. Kedua engkau meminta rindha semua kaum muslim.

3. Ketiga menjadikan para nabi pemberi syafaat bagi kamu.

4. Keempat engkau melaksanakan hati serta umroh.

Aisyah bertanya Rasulullah Saw : Bagaimana aku mampu mengerjakan 4 hal tersebut Ya Rasul ? Rasulullah Saw hanya tersenyum serta menjawab pertanyaan Aisyah :

1. Apabila engkau mau membaca surah Al Ikhlas sebanyak 3x. Seakan engkau sudah menghatam Al Qur’an.

2. Apabila engkau mau beristighfar kaum muslim. Seakan engkau telah menjadikan mereka  rindha padamu.

3. Apabila engkau bersholat kepadaku serta pada para nabi. Seakan engkau menjadikan kami sebagai pemberi syafaat bagimu.

4. Apabila engkau membaca tasbih. Seakan engkau telah melaksanakan haji serta umrah.

Diatas ialah empat amalan sudah diajarkan baginda Rasulullah SAW pada Aisyah ra. inilah 4 amalan sebelum tidur tersebut :
Itulah informasi untuk saat ini, semoga dapat menjadi bermanfaat bagi pembaca. Sekian mengenai doa dan amalan sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

loading...

loading...