8 Bacaan Doa Aqiqah, Bayi Lahir, Memberi Nama Anak & Manfaat

loading...
Bacaan doa aqiqah, bayi Lahir, memberi nama anak & manfaat – Apa itu Aqiqah / Akikah ? Pengertian Aqiqah / Akikah dalam bahasa arab عقيقة yakni pengurbanan hewan di dalam syariat agama islam. Serta dalam istilah akikah ialah menyembelih hewan kambing / domba di hari yang ke 7 dari kelahiran sang bayi tersebut, sebagai ungkapan rasa syukur dan rahmat yang sudah diberikan Allah yang berupa kelahiran sang bayi.
Bacaan Doa Aqiqah, Bayi Lahir, Memberi Nama Anak & Manfaat
Akikah yakni salah satu hal yang sudah disyariatkan dalam agama islam. Dalil yang menyebutkan hal diantranya yakni hadits Rasulullah Saw : Setiap anak dituntut dengan aqiqahnya, terdapat hadits lain yang menyatakan hal bahwa : Setiap anak laki-laki aqiqah dengan 2 kambing dan sedangkan bagi perempuan aqiqah hanya dengan 1 ekor kambing saja.

Hukum aqiqah yakni sunnah, hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas sebagian para ulama seperti Imam Syafi’I, Imam Ahmad serta Imam Malik. Dengan berdasarka dalil tersebut, para ulama tidak berpendapat bahwa aqiqah tersebut adalah wajib. Serta apabila memang seandainya akikah yakni wajib, maka Rasulullah Saw juga telah menerangkan tentang kewajiban itu.

Adapun beberapa sebagian ulama seperti Imam Hasan, Al Bashri, serta Imam Laits, berpendapat bahwa hukum akikah yakni wajib, pendapat tersebut berdasarkan atas salah satu hadits lain, setiap anak tertuntut aqiqah tersebut. serta mereka berpendapat hadits tersebut menunjukan dalil wajibnya aqiqah serta menafsirkan hadits bahwa seseorang bayi tertahan syafatnya untuk orang tuanya sampai ia diaqiqahi. maka demikian pendapat mayoritas, para ulama utama untuk diterima sebab dalil-dalilnya, bahwa akikah ialah sunnah.

Dalil Tetang  Aqiqah / Akikah

Inilah dalil tentang  akikah 

1. Ummi Kurz Al Ka’biyyah mengatakan, Rasulullah Saw bersabda : Bagi anak laki-laki 2 ekor kambing yang berdekatan umurnya serta bagi anak perempuan 1 ekor kambing (HR Ahmad)

2. Aisyah Mengatakan, Rasulullah Saw bersabda : Bayi pria diaqiqah dengan 2 kambing yang sama serta pada bayi wanita dengan 1 kambing (HR Ahmad)

3. Fatimah binti Muhammad saat ketika melahirkan Hasan, mengatakan, Rasulullah Saw bersabda : Cukurlah rambut serta bersedekahlah perak pada orang miskin seberat timbangan rambut bayi. (HR Ahmad).

4. Salman bin Amir Ad Dhabiy mengatakan, Rasulullah Saw bersabda : Aqiqah dikerjakan  karena kelahiran bayi, maka sembelilah hewan serta hilangkan semua gangguan darinya. (HR Bukhari).

5. Abu Buraidah ra berkata bahwa : Aqiqah tersebut disembelih pada hari 7 atau hari ke 14 atau dapat hari ke 21. (Thabrani dan HR Baihaqi).

6. Aisyah Ra mengatakan, Rasulullah Saw pernah beraqiqah Hasan serta Husain pada hari ketujuh dari kelahirannya, serta beliau lalu memberikan nama serta memerintahkan agar dihilangkan kotoran dari kepalanya yakni dicukur. (HR Hakim).

7. Samurah bin Jundab mengatakan, Rasulullah Saw bersabda : Semua anak bayi tergadaikan akikahnya pada hari ke 7 disembelihnya hewan kambing, serta diberinya nama serta dicukur rambut bayi iti (HR Abu Dawud)

Hukum Aqiqah Setelah / Sesudah Berkeluarga

Inilah hukum akikah setelah / sesudah berkeluarga

Seperti yang disebutkan diatas Abu Huraidah ra berkata : Akikah bisa disembelih dihari 7 atau ke 14 atau dapat dihari 21.

Dan apabila, saat ketika bayi bahwa belum di akikah orang tuanya. Maka dia bisa menjalankan akikah secara sendiri walaupun telah berkeluarga.

Imam Ahmad berkata : Apabila ia belum diaqiqah saat ketika masih bayi, maka bisa dikerjakan aqiqah sendiri ketika sudah dew4sa serta sudah mampu, hal itu tidak menganggap tersebut makruh. Pendapat pengikut Imam Syafi’I berkata : Anak yang sudah dew4sa yang belum diaqiqah orang tuanya tersebut, maka dirinya dapat untuk melakukan aqiqah sendiri serta telah mampu.

Jumlah Hewan Aqiqah / Akikah

Inilah jumlah kewan akikah

Seperti yang sudah disebutkan bahwa :

Aisyah ra mengatakan bahwa Rasulullah Saw memerintahkan mereka agar disembelih aqiqah bagi anak laki-laki 2 ekor domba / kambing yang sepadan serta bagi anak perempuan 1 ekor domba / kambing. (At Tirmidzi).

Dari Ummu Kurz Al Ka’biyyah mengatakan, Rasulullah Saw memerintahkan agar disembelih  aqiqah  / akikah anak laki 2 ekor domba serta pada anak perempuan 1 ekor domba. ( Imam Ahmad).

Itulah jumlah hewan aqiqah / akikah yang lebih utama yakni mengaqiqahi anak laki dengan 2 ekor kambing / domba serta 1 ekor kambing / domba untuk anak perempuan.

Hewan Yang Di Sembelih Untuk Aqiqah / Akikah

Inilah hewan yang disembelih untuk akikah 

Hewan diperbolehkan untuk disembelih untuk aqiqah yakni sama seperti hal hewan disembelih untuk kurban, ialah jantan atau betina, usia, serta kriteria semua boleh, yang terpenting ialah hewan Aqiqah tidak boleh cacat maupun sakit. Seperti telah dikatakan bahwa :

Imam Malik berkata : Tidak boleh dalam akikah dipakai hewan berupa seperti kurus, patah tulang, sakit, serta cacat (buta).

Imam Asy Syafi’I berkata : Binatang memiliki ciri seperti cacat serta sakit tersebut, maka harus dihindari didalam hewan untuk aqiqah maupun kurban.

Serta dalam aqiqah tidak diperbolehkan namanya berserikat, sebagaimana dalam udhhiyah baik itu domba / kambing. Sehingga apabila seseorang aqiqah dengan kambing / domba, itu hanya cukup satu orang, maka tidak boleh di bagi 10 orang.

Waktu Menjalankan / Melaksanakan Aqiqah

Inilah waktu melaksanakan akikah 

Seperti yang telah ditulis diatas pelaksanaan akikah /aqiqah dihari ke 7 dari kelahiran sang bayi. hal itu bersadarkan sabda Rasulullah Saw : Setiap bayi itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya di hari ke 7, serta lalu dia dicukur dan lalu diberikan nama. ( HR Iman Ahman).

Ppabila tidak mampu menjalankan aqiqah di hari ke 7 kelahiran bayi tersebut. maka dapat dikerjakan dihari ke 14, apabila juga tidak mampu, maka bisa pada hari ke 21. Hal itu bersarkan hadis Abdullah Ubny Buraudah dari Ayahnya, Rasulullah Saw dia berkata“ Hewan aqiqah itu disembelih pada hari ke 7, ke 14, dan ke 21 kelahiran anak / bayi tersebut. (Hadits hasan Al Baihaqi).

Tetapi setelah 21 hari masih tidak mampu / bisa untuk melaksanakan Aqiqah, maka dilakukan apabila telah mampu. sebab pelaksanaan aqiqah merupakan sifatnya sunah bukan wajib. Serta boleh juga dapat dilakukan aqiqah sebelum hari ke 7 dari kelahiran sang buah hati.

Apabila bayi meninggal dunia sebelum di hari ke 7 disunnahkan juga untuk disembelih aqiqahnya, bahkan walaupun bayi sudah keguguran, namun dengan syarat bahwa sudah berusia 4 bulan keatas dalam kandungan ibunya. Sebab akikah yakni syariat yang telah ditekankan pada ayah sang bayi.

Akan tetapi jika apabila seseorang anak belum disembelihkan hewan aqiqah dari ayahnya hingga sampai tumbuh besar serta berkeluarga. Maka dia bisa melakukan aqiqah secara dirinya sendiri, hal tersebut tidak apa-apa seperti telah diriwayatkan dari Syaikh Shalil Al Fuzan.

Pembagian Daging Aqiqah / Aqiqah

Inilah pembagian daging akikah

Daging aqiqah / akikah selain bisa dimakan orang tuanya, maka juga dapat mensedekahkan daging pada  kerabat, saudara, tentangga seperti telah diriwayatkan berikut.

Syaikh Utsaimin mengatakan: tidak apa-apa apabila jika mensedekahkan darinya, mengumpulkan tetangga, para kerabatnya untuk menyantap daging aqiqah sudah matang tersebut.

Syaikh Ibnu Bazz mengatakan : Kamu boleh bebas dalam memilih diantara mensedekahkan seluruhnya atau sebagian, serta mengundang orang yang pantas untuk diundang seperti kerabat, teman seagama, tetangga, serta sebagian orang faqir boleh menyantapnya.

Doa Untuk Kelahiraan Bayi / Anak

Inilah doa kelahiran bayi /anak
Doa Menyembelih / Memotong Hewan Akikah

Inilah doa menyembelih / memotong hewan akikah
Doa aqiqah diatas merupakan doa akikah untuk anak laki-laki bayi laki-laki. untuk doa akikah anak perempuan /bayi perempuan, maka diganti dengan fulanah binti fulanah.

Doa Memberi Nama Anak / Bayi

Inilah doa memberi nama anak / bayi
Doa Walimatul Aqiqah / Akikah

Inilah doa walimatul akikah
Hikmah Tentang Akikah / Aqiqah

Inilah hikmah akikah

1. Aqiqah yakni tembusan hutang anak agar memberikan syafaat bagi orang tua kelak di hari perhitungan.

Imam Ahmad berkata : Dia tergadai serta memberikan syafaat bagi orang tuanya dengan aqiqahnya.

2. Dalam aqiqah / akikah mengandung unsure pelindungan dari syaitan yang mungkin bisa mengganggu anak baru lahir tersebut, sesuai makna hadits artinya :

Setiap sang bayi tergadai dengan aqiqah, maka anak sudah ditunaikan aqiqah Niscaya akan lebih terlindungi dari gangguan syaitan yang mengganggu anak. hal tersebut dimaksud Ibnul Qayyim, Al Imam, serta Al Jauziyah : lepasnya dia dari syaitan tergadai dari aqiqahnya.

3. Aqiqah bisa untuk memperkuat persaudaraan masyarakat tersebut.

4. Dalam menghidupkan sunnah Rasulullah Saw dalam meneladani Nabiyullah Ibrahim as takala Allah menembus putra dari Ibrahim yang tercinta ismail as.

5. Dengan Aqiqah yakni sebagai sarana menampakan rasa gembira menjalankan syariat islam, serta bertambahnya keturunan umat islam, berarti memperbanyak umat Rasulullah Saw pada hari kiamat.

6. Termasuk bentuk taqarrub pada Allah Swt serta sekaligus sebagai bentuk rasa syukur atas karunia diberikan Allah yaitu dengan lahirnya sang anak.

Hikmah aqiqah diatas tersebut ialah dari Syaikh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab nya yang bernama Tarbiyatul Aulad Fil Islam.

Manfaat dari Aqiqah / Akikah

Inilah manfaat atau khasiat akikah 

1. Dapat untuk membebaskan sang anak dari ketergadaian.

2. Dapat untuk  menjadi pembelaan bagi orang tua dihari kelak.

3. Bisa menghindarkan pada sang anak dari kehancuran serta musibah, sebagaimana pergorbanan Ibrahim serta Nabi Ismail.

4. Dapat sebagai pembayaran hutang orang tua pada anak.

5. Dapat sebagai mengungkapan rasa gembira, syukur demi tegaknya islam serta keturunan dapat memperbanyak umat Rasulullah Saw.

6. Dapat untuk memperkuat tali silahturahmi pada masyarakat menyambut dalam kelahiran sang anak.

7. Dapat sebagai sumber jaminan sosial serta mampu menghapus kemiskinan di masyarakat.

8. Dapat untuk melepaskan bayi macam godaan syaitan dalam urusan dunia serta di akhirat.

Itulah manfaat atau khasiat aqiqah / akikah menurut dari Drs. Zaki Ahmad dalam karya bukunya yang berjudul Kit Membina Anak Sholeh.
Itulah informasi pada kesempatan sekarang ini, semoga dapat bermanfaat bagi membutuhkan. Sekian mengenai bacaan doa Aqiqoh, bayi lahir, memberi nama anak & manfaat.

loading...

loading...