4 Doa Sholat Dhuha, Niat, Tata Cara Sholat Dhuha, Khasiat & Manfaatnya

loading...
Doa sholat dhuha, niat, tata cara sholat dhuha, khasiat & manfaatnya – Inilah bacaan doa shalat dhuha, lengkap dalam bahasa arab, latin terjemahan artinya berserta tata cara mengerjakannya. Lalu apa itu shalat dhuha ? Pengertiannya yaitu sholat sunah yang dikerjakan umat islam saat waktu dhuha. Waktu ketika saat matahari mulai naik yakni pukul 07.00 pagi hingga sampai awaktu dzuhur pukul 11.00 siang. Untuk jumlah rakaat paling sedikit ialah 2 rakaat serta maksimal yakni 12 rakaat.
Doa Sholat Dhuha, Niat, Tata Cara Sholat Dhuha, Khasiat & Manfaatnya
Bagi umat islam pasti sudah tidak asing lagi mendengar shalat dhuha. Seperti telah dijelaskan diatas bahwa  ialah shalat dikerjakan pada waktu yakni pukul 07.00 hingga pukul 11.00. Lalu bagaimana bacaan doa shalat, manfaat serta khasiat atau tata cara menjalankan shalat dhuha ? Untuk membahas lebih jauh maka marilah simak dibawah ini. 

Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Dhuha

Inilah bacaan niat lengkap dalam bahasa arab, latin serta terjemahan artinya. 

Doa Sholat Dhuha, Niat, Tata Cara Sholat Dhuha, Khasiat & Manfaatnya
Dalam artinya :

Aku niat mengerjakan sholat sunnat dhuha 2 rakaat, menghadap qiblat, karena Allah ta'ala.

Doa Sholat Dhuha


Inilah bacaan doa setelah shalat dhuha, bahasa arab latin serta terjemahan artinya :
Diatas ialah bacaan niat dan doa shalat dhuha yang bisa untuk di hafalkan terlebih dahulu. Untuk lebih jelas agar tidak salah untuk menghafal, maka dapat melihat melalui teks bahasa arab. Dibawah ialah tata cara mengerjakannya seperti pada umumnya.

Tata Cara Menjalankan / Mengerjakan Sholat Dhuha

1. Dengan membaca niat lebih dahulu.

2. Lalu mambaca takbir.

3. Kemudian membaca surat Al Fatihah

4. Setelah itu membaca surat-surat pendek dalam Al Qur’an. Surat pendek dibaca sesudah Al fatihah paling baik yakni bacaan surat Asy Syamsu (QS:91) disaat rakaat pertama, serta saat rakaat kedua bacaan surat Adh Dhuha (QS:93). (dari Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothib).

5. Lalu Ruku’ sambil membaca tasbih 3 kali.

6. Kemudian I’tidal serta membaca bacaanya.

7. Untuk sujud pertama serta membaca tasbih 3 kali.

8. Lalu pada duduk diantara dua sujud serta membaca bacaanya.

9. Kemudian sujud kedua serta membaca tasbih 3 kal.

10. Selanjutnya setelah rakaat pertama telah selesai, maka dilanjutkan dengan mengerjakan untuk rakaat keduanya.

11. Sesudah itu lalu tasyahud akhir setelah selesai, kemudian membaca salam 2 kali, serta rakaat selanjutnya bisa dikerjakan seperti tata cara diatas tersebut.

12. Terakhir dengan menutup berdoa kepada Allah.

Cara diatas termasuk cara umum untuk menjalankan shalat dhuha. Dibawah manfaat serta khasiatnya sebagai berikut.

Manfaat serta Khasiat Sholat Dhuha

Inilah faedah, keutamaan, khasiat serta manfaat shalat dhuha yang bisa di peroleh untuk orang bersedia menjalankan sholat terseebut, yakni dapat untuk melapangkan dada dalam segala hal, seperti untuk melapangkan rezeki, serta untuk kesehatan menurut penelitian dari dokter ialah gerakan sholat bisa utuk menguatkan otot, sendi serta bisa berkhasiat untuk sistem kardivaskular. 

Selain itu, bisa untuk menangkal stres yang kemungkinan muncul kegiatan sehari-hari, serta bisa untuk mengeluarkan zat-zat seperti ekefalin serta edorfin. Selain untuk melapangkan rezeki ternyata gerakan shalat bisa sangat baik bagi kesehatan, 

Khasiat serta Manfaat sholat Dhuha yang Lain

1. Bagi siapa menjalankan  12 rakaat, maka Allah SWT akan membuatkan untuknya yakni istana disurga.

2. Bagi siapa masih berdiam diri tempat shalatnya atau berdiam tempat di masjib setelah sholat subuh, dengan melakukan iktikaf, berdzikir, serta mengerjalan 2 rokaat shalat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali dalam kebaikan. Maka dosa-dosanya dapat diampuni, walaupun dosa melebihi buih dilautan (HR Abu Daud).

3. Allah Swt berfirman : Wahai anak Adam !, janganlah sekali engkau malas menjalankan sholat dhuhu 4 rakaat, sebab shalat dhuha tersebut, Akan Aku cukupkan kebutuhanmu hingga sore harinya. (HR Hakim).

4. Bagi siapapun mengerjakan kekal, maka diampuni segala dosanya oleh Allah, sekalipun dosa tersebut sebanyak buih dilautan (HR Tirmidzi).
Itulah informasi dihari ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua. Sekian tentang doa sholat dhuha, niat, tata cara sholat dhuha, khasiat & manfaatnya.

loading...

loading...