Doa Setelah Sholat Fardhu, Lengkap Tulisan Arab, Latin & Artinya

loading...
Doa setelah sholat fardhu, lengkap tulisan arab, latin & artinya – Inilah bacaan doa sesudah sholat wajib ataupun bacaan doa setelah shalat 5 waktu.  Lalu apa itu shalat wajib ? Pengertian shalat wajib yakni sholat dikerjakan pada saat waktu tertentu sebanyak lima kali, maka bisa menyebutnya sebagai saolat lima waktu. Shalat lima waktu ialah wajib hukumnya, sholat yang wajib dikerjakan semua beragama muslim. Tetapi shalat fardhu bisa untuk tidak dikerjakan apabila sudah berhalangan, seperti perempuan sedang haid atau nifas.
Doa Setelah Sholat Fardhu, Lengkap Tulisan Arab, Latin & Artinya
Sholat fardhu ialah salah satu dari lima rukun islam. Allah SWT telah menurunkan perintah untuk sholat wajib / shalat lima waktu saat ketika peristiwa Isra’ Mi’raj. Dibawah ialah shalat 5 waktu.

1. Shalat subuh, yakni terdiri dari 2 rakaat, waktu shalat subuh yang diawali dengan munculnya fajar shaddiq, cahaya putih yang telah melintang di ufuk timur, serta pada waktu shalat subuh berakhir ketika terbitnya matahari.

2. Shalat Dzuhur, yakni terdiri dari 4 rakaat, waktu shalat dzuhur yang diawali apabila matahari sudah tergelincir arah barat, serta yang berakhir saat masuk waktu ketika saolat Ashar.

3. Shalat Ashar, yakni terdiri dari 4 rakaat, waktu shalat ashar yang diawali apabila panjang bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri, waktu shalat ashar yang berakhir saat ketika terbenamnya matahari.

4. Shalat magrib, yakni terdiri dari 3 rakaat, waktu shalat magrib yang diawali dengan terbenam matahari, serta waktu berakhir sholat magrib ialah saat masuk waktu shalat isya’.

5. Shalat isya, yakni terdiri dari 4 rakaat, waktu shalat isya’ yang diawali denga hilang cahaya syafaq dilangit barat, serta waktu berakhir hingga saat terbit fajar shaddiq keesokan harinya.

Rukun Sholat 

Inilah rukun shalat dibawah ini :

1. Yakni berdiri bagi yang mampu.

2. Takbiratul ihram.

3. Yakni membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat.

4. Yakni rukuk dan tuma’ninah.

5. Iktidal sesudah / setelah rukuk serta tuma'ninah.

6. Yakni sujud dua kali Yakni tuma'ninah.

7. Yakni duduk antara dua sujud Yakni tuma'ninah.

8. Yakni duduk dan membaca tasyahud akhir.

9. Yakni membaca salawat nabi pada tasyahud akhir.

10. Yakni membaca salam yang pertama.

11. Yakni tertib melakukan rukun secara berurutan. 

Hukum Sholat Fardhu / Sholat 5 Waktu

Inilah hukum sholat fardhu atau sholat 5 waktu :

Dalam Hadits, Rasulullah Saw memberikan peringatan keras pada orang yang suka meninggalkan sholat 5 waktu / fardhu, yakni mereka dihukum menjadi Kafir. Serta mereka meninggalkan sholat sengaja, di hari kiamat nantiakan disandingkan bersamaan orang seperti Qarun,  Fir’aun dan lain-lain. 

Doa Setelah Sholat Fardhu

Inilah doa setelah sholat fardhu / doa sesudah sholat 5 waktu lengkap tulisan arab, latin serta terjemahan artinya.
Dalam Artinya :

Yakni nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji untuk Allah Tuhan Alam Semesta. Pujian yang sebanding Yakni nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu lah segala puji, serta bagi-Mu lah segala syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

Doa setelah sholat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Wahai Allah, limpahkan rahmat serta kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad serta keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan, penyakit tersebut, yang bisa memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami pada derajat tertinggi dari sisi-Mu, serta dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup ataupun setelah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa serta permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya. 

Doa setelah shalat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Wahai Allah, Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu, kesejahteraan dalam agama, dunia serta akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, serta ampunan setelah datang maut. Wahai Allah, Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berikanlah kami) keselamatan api neraka pedih, serta ampunan pada saat dilaksanakan hisab. 

Doa setelah sholat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Wahai Tuhan, Sesungguhnya kami berlindung pada-Mu dari sifat malas, lemah, pikun, kikir,  serta dari azab kubur. 

Doa setelah shalat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Wahai Tuhan, Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari jiwa yang tidak kenal puas, dari hati yang tidak khusyuk, serta dari doa yang tidak terkabul.

Doa setelah sholat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Wahai Tuhan Kami, ampunilah segala dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang cinta, orang-orang yang mempunyai hak atas kami,  serta berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam.

Doa setelah sholat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permintaan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami ini, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Doa setelah sholat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia serta kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Doa setelah sholat fardhu kemudian dilanjut membaca :
Dalam Artinya :

Semoga Allah memberikan rahmat serta kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga serta sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.
Itulah informasi untuk sekarang, semoga bisa bermanfaat bagi semua. Sekian tentang doa setelah sholat fardhu, lengkap tulisan arab, latin & artinya.

loading...

loading...