14 Doa Sholat Tahajud, Tata Cara Sholat Tahajud, Keutamaan & Manfaat

loading...
Doa sholat tahajud, tata cara sholat tahajud, keutamaan & manfaat - Apa itu sholat tahajud ? Pengertian dari sholat tahajut yakni sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah dia terjaga dari tidur (bangun tidur). Shalat tahajud ialah termasuk sholat sunnah mu’akad, shalat tahajud dilakukan paling sedikit yakni dua rakaat serta dapat dikerjakan sebanyak-banyaknya.
Doa Sholat Tahajud, Tata Cara Sholat Tahajud, Keutamaan & Manfaat
Menurut Dalam Al Qur’an

Allah Swt berfirman :

Pada sebagian malam hari, sembahyang tahajud-lah kamu, sebagaimana tambahan dari ibadah bagimu, mudah-mudahan Tuhan-Mu mengangkat kamu di tempat yang terpuji (Al Isra’ 17:79).
Perintah di atas walaupun khusus ditujukan pada Rasulullah Saw, namun juga mengacu pada semua umat muslim, sebab Rasulullah yakni menjadi contoh sempurna serta panduan umat muslim dalam segala hal. dalam menjalankan sholat tahajud dengan tekun dapat memenuhi syarat sebagai salah satu orang yang benar serta akan mendapatkan karunia serta kemurahan dari Allah.

Rasulullah Saw bersabda :

Sesungguhnya waktu malam ialah waktu seandainya orang muslim meminta suatu kebaikan untuk dunia akhirat pada Allah Swt, Niscaya Allah Swt memberikan-Nya, serta itu berlaku setiap malam (HR Muslim).

Rasulullah Saw bersabda :

Hai sekalian manusia !, Bagikanlah makanan, sebarkanlah salam, serta sambunglah silahturahmi dan tegakan shalat malam-lah (tahajud) di waktu manusia tidur, niscaya kamu akan bisa masuk surga secara selamat (HR Tirmidzi).

Rasulullah Saw bersabda :

Kerjakanlah sholat malam (tahajud), sebab sholat malam ialah kebiasaan orang shaleh sholehah sebelum kamu terdahulu. Serta juga sholat malam untuk  mendekatkan kamu kepada Tuhan kalian, serta sebagai penebus perbuatan lalu kamu yang buruk, mencegah dari perbuatan dosa, hingga menghindarkan kamu dari penyakit di dalam tubuh (HR Iman Tarmidji). 

Hukum Shalat Tahajud

Inilah hukum shalat tahajud yang telah dituliskan diatas ialah sholat tahajud merupakan sunnah muakkad. Mantan Al Ghyah wat Taqriib karya Al Qodhi Abu Syuja’ Rahimahullah, mengatakan tentang tiga sholat sunnah muakkad, yaitu shalat tahajud, sholat tarawih, serta sholat Dhuha.

Tiga sholat tersebut yakni sholat sunnah mutlak. Serta dalam Fathul Qurib halaman 71 sudah telah disebutkan sholat tahajud dijalankan malam hari shalat sunnah mutlak lebih mantap darisholat sunnah disiang hari. Apabila dijalakan tengah malamtersebut akan lebih baik, dan akhir malam itu akan lebih mantap. Inilah yang membagi malam akan menjadi tiga waktu.

Waktu Sholat Tahajud Paling Baik dan Bagus

Inilah waktu shalat tahajud paling baik dan bagus dapat di ambil dari salah satu hadits :
Rasulullah Saw bersabda :

Pada setiap malam Tuhan kami turun (kelangit dunia) ketika saat tinggal sepertiga malam akhir,

Allah Swt berfirman : Bagi siapa Menyeru-Ku akan Aku perkenankan seruanya, serta barang siapa yang meminta pada-Ku, akan Aku perkenankan permintaanya, dan bagi siapa yang meminta ampunan pada-Ku, maka aku ampuni. (HR Bukhari).

Menurut Dalam Hadist

Setiap malam Allah turun kelangit dunia hingga saat tersisa sepertiga malam terakhir, Ia berseru : Adakah orang yang memohon (berdoa), pasti akan Ku kabulkan, adakah orang meminta, pasti akan Ku beri, serta adakah orang mengharap ampunan, pasti akan Ku ampuni, sampai tiba waktu Subuh (Al Hadits).

1. Waktu sholat tahajud pertama pukul 19.00 sampai pukul 22.00.

2. Waktu shalat tahajud kedua pukul 22.00 sampai pukul 01.00.

3. Waktu sholat tahajud ketiga pukul 01.00 sampai masuk subuh.

Amru Ibn Abasah berkata pada Rasulullah Saw :

Ya Rasulullah, malam apa yang paling didengar ? Lalu kemudian Rasulullah menjawab pertanyaan Amru Ibn Abasah : Tengah malam terakhir, maka sholat lah sebanyak engkau inginkan, sesungguhnya sholat waktu malam ialah maktubah masyudah, yakni waktu jika bermunajat, sehingga Allah menyasikanya serta jika berdoa maka didengar doanya. (HR Abu Daud).

Maka waktu shalat tahajud paling baik dan bagus yakni pada pukul 01.00 sampai dengan menjelang waktu subuh. Apabila malas untuk bangun di jam tersebut maka bangunlah pada pukul 03.00-03-30 pagi sambil menunggu waktu sholat subuh.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Inilah jumlah rakaat sholat tahajud

Pada jumlah sholat tahajud telah disebutkan diatas ialah jumlah shalat tahajud paling sedikit 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya. Akan tetapi paling utama kita kekalkan yakni 11 rakaat dan 13 rakaat, dengan 2 rakaat shalat iftitah. Adapun cara kaifiat mengerjakan yang baik yakni setiap 2 rokaat diakhiri satu salam.

Hal tersebut sebagaimana sudah dijelaskan beliau Rasulullah Saw : Shalat malam itu, dua-dua. (HR Bukhari, Muslim). Inilah Kaifiat yang telah dijelaskan sahabat Said Ibnu Yazid, bahwasannya Rasulullah Saw mengerjakan sholat malam (tahajud) yakni 13 rakaat.

Surat Yang Dibaca Ketika Sholat Tahajud

Inilah surat yang dibaca saat mengerjakannya sholat tahajud malam

Surat yang paling umum dibaca dalam shalat tahajud yakni pada rakaat pertama setelah membaca surat Al Fatihah ialah surat Al Baqarah ayat 284-286, serta pada rakaat kedua ialah surat Ali Imron ayat 18-19. Apabila pada surat tersebut belum hafal. Maka boleh juga membaca surat pendek dalam Al Quran yang lainya yang sudah hafal.

Rasululah Saw bersabda :

Apabila suami membangunkan istrinya untuk sholat malam (tahajud), hingga pada suami serta istri keduanya sholat dua dua rakaat, maka tercatat dalam golongan laki-laki serta perempuan yang selalu berdzikir (HR Abu Dawud).

Rasulullah Saw bersabda :

Allah akan merahmati laki-laki yang mau bangun tidur untuk sholat malam. Kemudian lalu membangunkan istrinya. Apabila tidak mau untuk bangun, maka percikan wajahnya memakai air. Serta demikian Allah merahmati perempuan mau bangun tidur untuk sholat malam, kemudian lalu membangunkan suaminya, apabila tidak mau untuk bangun, maka wajahnya di siram memakai air (HR Abu Dawud).

Doa Sholat Tahajud, Lengkap Niat, Bahasa Arab, Latin & Artinya

Inilah bacaan niat shalat tahajud 
Inilah bacaan doa sesudah / setelah mengerjakan sholat tahajud bahasa arab
Bacaan doa sesudah shalat tahajud rumi
Bacaan doa setelah sholat tahajud artinya
Diatas ialah niat sholat tahajud serta doa setelah shalat tahajud, bahasa arab, latin serta artinya.

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar Sesuai Tutunan Rasulullah SAW

Dibawah ialah tata cara sholat tahajud yang baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah SAW.

1. Harus tidur terlebih dahulu serta bangun pada waktu tersebut.

2. Setelah itu melakukan berwundhu.

3. Kemudian membaca niat shalat tahajud

4. Dalam mengerjakan sholat tahajud boleh dilaksanankan sendirian, ataupun berjamaah. (HR Muslim).

5. Waktu pelaksanaan shalat tahajud paling baik yakni pada sepertiga akhir malam (HR Ahmad, Muslim).

6.  Lebih dahulu diawali dengan shalat iftitah dua rakaat. (HR Muslim). Adapun caranya yakni sebelum membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama, lebih dahulu membaca Doa Iftitah :
Adapun bacaan lainya seperti : bacaan I’tidal, sujud, ruku’ serta yang lainnya sama seperti shalat pada umumnya.

7. Selanjutnya mengerjakan sholat sebanyak 11 rokaat atau 13 rakaat. Dalam hadits Rasulullah Saw menjalankan sholat tahajud bisa dilakukan berbagai macam diantranya :

Mengerjakan : 3 rakaat, 4 rakaat, dan 4 rakaat : 11 rakaat (HR Al Bukhari)

Atau bisa

Mengerjakan : 2 rokaat iftitah, 2 rokaat, 2 rakaat, 2 rokaat, 2 rokaat, 2 rakaat, 1 rakaat : 13 rakaat. (HR Muslim).

Rasulullah dalam mengerjakan sholat malam (tahajud) yakni dengan 13 rakaat.

Dan pada sholat witir, hendaknya membaca surat Al Baqarah ayat 284-286 sesudah surat Al Fatihah rakaat pertama. Serta membaca Ali Imron ayat 18-19 rakaat kedua, serta membaca surta Al Ikhlas rakaat ketiga. Lalu sesudah salam sambil duduk membaca :
Dengan mengeraskan serta memanjangkan bacaan ketiga, kemudian membaca :
Berdasarkan (HR Al Baihaqi, juz 3, Thabrani juz 8, Daruqutni juz 2, dari Ubay bin Ka’ab, hadits itu telah dikuatkan oleh Iraqi).

8. Lalu membaca doa setelah sholat tahajud

Bacaan doa setelah sholat tahajud merupakan doa yang selalu dibaca baginda Rasulullah Saw setelah menjalankan sholat tengah malam (shalat tahajud).

Bacaan doa sesudah shalat tahajud bahasa arab
Bacaan doa setelah sholat tahajud bahasa latin
Dalam artinya doa sholat tahajud
Setelah membaca bacaan doa setelah sholat tahajud diatas, lalu berdoalah memohon kepada Allah yang diinginkan, sebab sholat malam ialah waktu baik untuk berdoa serta doa kita didengar oleh Allah. semoga keinginan atau hajat kita dapat dikabulkan oleh Allah.

Dan tidak lupa membaca doa keselamatan dunia akhirat sebagai berikut :

Inilah Bacaan doa selamat dunia ahkirat :

Diatas yakni tata cara shalat tahajud yang baik serta benar berdasarkan ajaran dari beliau Rasulullah Saw. Mengenai manfaat, khasiat, keutamaan, keistimewaan serta kelebihan sholat tahajud sangat banyak sekali. bahkan terdaat kisah nyata tentang keajaiban shalat tahajud yang telah terbukti dengan nyata.

Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Tahajud

Inilah keistimewaan serta keutamaan dari sholat tahajud diantaranya ialah : 

1. Untuk menghindarkan penyakit dalam badan

Rasulullah Saw bersabda :

Kerjakanlah sholat malam (tahajud), sebab sholat malam kebiasaan orang yang shaleh sebelum kamu terdahulu. juga sholat malam lebih mendekatkan kamu kepada Tuhan kalian, serta sebagai penebus perbuatan dahulu kamu yang buruk, mencegah perbuatan dosa, hingga menghindarkan penyakit dalam tubuh (HR Iman Tarmidji).

2. Untuk jaminan masuk surga

Rasulullah Saw bersabda :

Hai sekalian manusia !, Bagikanlah makanan, sebarkanlah salam, serta sambunglah silahturahmi, dan tegakan shalat malam-lah (tahajud) di waktu manusia tidur, niscaya akan bisa masuk surga secara selamat (HR Tirmidzi).

3. Untuk penyelamat di Akhirat

Allah Swt berfirman :

Sesungguhnya orang bertaqwa berada dalam taman surga serta di mata air. Seraya mengambil apa Allah berikan tersebut pada mereka. Sebelumnya mereka yakni telah berbuat baik didunia, mereka yakni orang sedikit dari tidurnya waktu malam serta di akhir malam mereka meminta ampunan pada Allah (Az Zariyat 15-18).

Dalam ayat diatas menyebutkan bahwa orang selalu sholat malam (tahajud) serta memohon ampunan. Niscaya dapat menjadi penyelamat di akhirat.

4. Sebagai Doa cepat terkabul

Allah Swt berjanji akan mengabulkan doa orang mendirikan sholat tahajud dengan tulus serta ikhlas.

Rasulullah Saw bersabda :

Sesungguhnya dimalam hari, ada satu ketika saat orang muslim memohon / meminta kebaikan dunia serta akhirat. Pasti Allah memberi kepadanya. Itu berlangsung setiap malam. (HR Muslim).

5. Untuk sebagai sarana meraih kemuliaan

Rasulullah Saw bersabda :

Jibril datang berkata : Wahai Rasulullah ! hiduplah sesukamu, sebab engkau akan mati. Cintailah orang engkau sayangi, sebab engkau akan berpisah padanya, lakukanlah apa keinginanmu, sebab engkau mendapatkan balasan. Maka ketahuilah ! sesungguhnya kemuliaan seseorang muslim yakni sholat malam, serta ketidakbutuhan dimuliakan orang lain ( HR Al Baihaqi).

6. Untuk Jalan mendapatkan rahmat Allah

Rasulullah Saw bersabda :

Allah merahmatinya laki-laki mau bangun tidur untuk sholat malam. Kemudian lalu membangunkan istrinya. Apabila tidak mau untuk bangun, maka percikan wajahnya memakai air. Dan demikian Allah merahmati perempuan mau bangun tidur untuk sholat malam, kemudian lalu membangunkan suaminya, apabila tidak mau bangun, maka wajahnya di siram memakai air (HR Abu Dawud).

7. Untuk jalan mendapatkan tempat terpuji

Allah Swt berfirman :

Pada waktu sebagaian malam bertahajud-lah, sebagai suatu ibadah tambahan bagi-mu, mudah-mudahan tuhanmu mengangkat kamu tempat terpuji (Al Isra’ : 79).

8. Untuk melepas ikatan syaitan

Rasulullah Saw bersabda :

Syaitan akan mengikat bagian belakang kepala orang sedang tidur 3 ikatan. Dia akan mengencangkan setiap ikatan tersebut, berkata : malam panjang, maka tidurlah kamu. Namun apabila ia bangkit (bangun) mengingat nama Allah, maka akan terlepas ikatan pertama, serta apabila berwundhu, maka terlepaslah ikatan untuk kedua, dan apabila dia sholat akan terlepaslah ikatan semuanya. Hingga dia merasa bersemangat serta mendapat ketenangan jiwa, Apabila tidak, maka dia akan malas serta kekusutan jiwa. (HR Bukhari).

9. Waktu terbaik untuk berdoa

SAmrun Abasah bertanya pada Rasulullah Saw : Ya Rasulullah,  Malam apakah paling didengar ? Rasulullah menjawab pertanyaan: Tengah malam terakhir, maka sholat-lah malam sebanyak inginkan, sebenarnya waktu malam ialah maktubah masyudah waku apabila bermunajat, Allah menyasikan serta jika berdoa dapat didengar doanya (HR. Abu Dawud).

10. Untuk penghapus doa serta kesalahan diperbuat.

Rasulullah Saw bersabda :

Lakukanlah Qiyamul Lail (sholat tahajut). Sebab hal itu kebiasaan orang sholeh sholehah sebelum kamu, sebagai penghalang perbuatan dosa, serta penghapus dosa. (HR At Tirmidzi).

11. Meraih kesehatan jasmani

Rasulullah Saw bersabda :

Kerjakanlah sholat malam (tahajud), sholat malam kebiasaan orang yang shaleh sebelum kamu terdahulu. juga sholat malam untuk lebih mendekatkan kamu pada Tuhan kalian, serta sebagai penebus perbuatan engkau yang buruk, mencegah perbuatan dosa, hingga menghindarkan penyakit dalam tubuh (HR Iman Tarmidji).

12. Untuk penjaga kesehatan rohani

Allah Swt menegaskan orang tekun sholat tahajud mereka akan selalu memiliki sifat rendah hati, ramah, serta ketenangan jiwa dalam melakukan serta menjalani kehidupan sehari-hari.

13. Wajah akan Nampak berseri serta bercahaya

Hasan Al Basri ra ditanya seseorang : Mengapa orang tekun sholat tahajud memiliki wajah bagus ? lalu dijawab pertanyaan : sebab mereka menyendiri bersama tuhanya pada malam hari, lalu Allah memberikan padanya sebagaian dari cahaya-Nya (Al Maqirizi).

14. Sholat paling afdol setelah sholat 5 waktu

Rasulullah Saw bersabda :

Puasa paling afdol setelah puasa ramadhan yakni dibulan muharram serta shalat paling afdol sesudah sholat fardhu / lima waktu yakni sholat malam. (HR Muslim).

Itulah keistimewaan serta keutamaan shalat tahajud. Adapun khasiat serta manfaat tentang sholat tahajud :

Manfaat ataupun Khasiat Sholat Tahajud

1. Dijauhkan dari godaan syaitan.

2. Untuk membuat hati akan merasa aman serta tentram.

3. Untuk menjadikan badan akan sehat

4. Untuk mempelancar rezeki serta banyak rejeki

5. Membuat orang tersebut menjadi lebih positif

6. Mampu menumbuhkan rasa ketenangan dalam bertindak serta dalam berfikir

7. Dapat Memberikan kemudahan menghadapi macam masalah serta problem dalam kehidupan.

8. Untuk membersihkan dari pikiran kotor serta jelek.

9. Akan merasa dekat pada Allah.

10. Dapat terhindarnya dari perasaan tertekan serta stres berkepanjangan.

11. Mempunyai intuisi serta firasat tajam.

12. Akan dicukupkan oleh Allah segala hajat kebutuan serta mendapat rezeki yang tidak akan pernah putus.

13. Untuk meningkatkan kecerdasan spiritual

14. Mendapat bimbingan serta petunjuk Allah dalam menghadapi problem, masalah yang dihadapi.

Dan lain sebagainya masih banyak mengenai keajaiban serta terbukti nyata akan khasiat serta manfaat menjalakan shalat tahajud.
Itulah informasi pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Sekian dari kami tentang bacaan doa sholat tahajud, tata cara sholat tahajud, keutamaan & manfaat.

loading...

loading...