3 Doa Qunut Sholat Subuh, Dalam Bahasa Arab, Latin & Artinya

loading...
Bacaan doa Qunut sholat subuh, dalam bahasa arab latin & artinya – Apa itu  qunut ? Pengertian dari Kata Qunut ialah artinya taat, yakni bacaan doa yang diamalkan oleh umat islam ketika saat mereka telah mengerjakan sholat 2 rokaat dipagi hari yakni shalat subuh. Bacaan doa qunut umum dibaca oleh imam pada saat berdiri itidal atau setelah ruku’ ketika rakaat kedua. 

Selain itu juga dapat dibaca ketika saat rokaat terakhir saat waktu melaksanakan shalat witir, setelah shalat tarwih pada bulan ramadhan.

Hukum Membaca Doa Qunut

Hukum membaca sendiri mungkin dapat berbeda-beda sesuai dengan mazhab yang sudah dianut masing pemeluk agama islam tersebut. seperti hal dalam Mazhab Syafii serta Malik menyebutkan  sunnah muaakat yang mana apabila ditingalkan tidak membatalkan shalat subuh. Serta sementara dalam menurut Mazhab Hanafi tidak menyunnahkan, namun menurut Mazhab Hambali menyunanahkan khusus pada pemimpi shalat (imam).

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Arab, Latin & Artinya

Dalam hadits berbunyi demikan ” Rasulullah Saw selalu membaca qunut ketika sholat subuh hingga meninggal dunia” hadist tersebut menunjukan bawasanya yakni doa selalu dilakukan oleh baginda Rasulullah Saw. Sebab saat shalat subuh Ia tidak pernah meninggalkan hingga pada beliau telah meninggal. Yang berarti memiliki banyak manfaat serta keutamaan yang belum banyak yang mengetahui dalam khasiat serta kelebiahan tersebut itu.

Ada Tiga Macam Doa Qunut

Inilah macam-macam  qunut diantaranya sebagai berikut :

Qunut Sholat Subuh

Menurut dari pengikut Iman Abu Hanifar hukumnya tidak disunnahkan sebab hadits, Rasulullah Saw bahwa beliau pernah mengerjakan saat ketika sholat fajar dalam 1 bulan yang sudah dihapus dengan ijima’ sebagaimana sudah diriwayatkan Ibnu Mas’ud.

Qunut Nazilah

Ialah doa dibaca sesudah ruku’ / I’tidak ketika rakaat terakhir sholat. Qunut nazilah hukumnya sunnah hai’ah. berarti apabila tertinggal atau lupa, maka tidak disunahkan bersujud shawi. Pada mulanya dalam mengamalkan qunut nazilah dilakukan jika mengalami suatu musibah seperti bencana alam dan lain-lain.

Qunut Sholat Witir

Menurut dari pengikut Imam Abu Hanifat, Qunut witir tersebut dikerjakan pada rakaat ketiga sebelum ruku’, pada ketika setiap sholat sunnah. Menurut dari pengikut imam syafi’I qunut wirid dilakukan pada akhir sholat witir, serta menurut dari pengikut imam Ahmad bin Hambal, qunut witir dikerjaan sesudah ruku’. Tetapi merurut pengikut imam malik, qunut witir tidak disunnahkan.

Adapun keutamaan serta manfaat membaca doa ini yakni meminta / memohon diberikan berkah, petunjuk serta keselamtan, diberi ampunan untuk bertaubat kepada-Nya. dijauhkan dari macam kejahatan, hingga diberikan kesehatan oleh Allah.

Dalil Doa Qunut Dalam Shalat Subuh

1. Rasulullah Saw, disaat ketika membaca saat shalat subuh beliau mengangkat kedua tanganya itu, sambil berdoa. dalam Hadits Anas bin malik ra, berkata :
Rasulullah saw, mengangkat kedua tangannya itu, ketika saat membaca waktu shalat subuh " (HR Baihaqi)

2. Rasulullah saw, serta sahabatnya tidak pernah meninggalkan untuk membacanya ketika saat sholat subuh hingga meninggal.

Anas bin Malik ra berkata :
Rasulullah saw, mengerjakan Qunut nazilah dalam sebulan lamanya, kemudian beliau meninggalkannya, untuk doa qunut sholat subuh beliau tidak pernah meninggalkan sampai meninggal " (HR. Baihaqi, Daruquthny).

3. Rasulullah Saw, mengajarkan ke Ibnu Abbas yang telah dibacanya pada setiap sholat subuh. dalam hadits dari Ibnu Abbas ra, menceritakan berkata :
Sebenarnya Rasullah Saw, mengajarkan doa Qunut ketika saat sholat subuh " HR. Baihaqi (Sunan Baihaqi II/211)

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Arab, Latin & Artinya

Inilah bacaan doa qunut sholat subuh dalam bahasa arab, bahasa latin serta terjemahan artinya :

Dalam Bahasa Arab

Dalam Bahasa Latin
Dalam Terjemahan Artinya
Lihat Juga : Doa Doa Setelah Sholat Fardhu, Lengkap Tulisan Arab, Latin & Artinya 
Lihat Juga : Doa dan Amalan Agar Anak Sholeh, Pintar, Penurut & Tidak Nakal
Itulah informasi kami pada kesempatan sekarang ini, semoga tulisan diatas dalam bermanfaat. Cukup sekian dalam pembahasan kami tentang doa qunut sholat subuh, dalam bahasa arab, latin & artinya.

loading...

loading...